Argentina Juara Piala Dunia 2022, Ini Ritual Tahayul Fansnya saat Berlaga Lawan Prancis

  • Whatsapp

DOHA (AmanatulUmmah.com) – Akhirnya Timnas Argentina menjadi juara setelah menaklukkan Prancis dalam laga Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Doha, Qatar pada Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB tadi malam hingga Senin dini hari.  Fans Timnas Argentina yang hadir di Qatar dan Buenos Aires serta di berbagai kota lain langsung merayakan kesuksesannya meraih kemenangan di Piala Dunia 2022 tersebut.

Namun banyak kejadian unik dan nyeleneh menyertai laga Argentina vs Prancis itu. Salah satunya berbau takhayul kurafat. Ini karena masyarakat masih percaya dengan mitos. Padahal, semestinya mereka hanya percaya kepada Tuhan yang Maha Esa, dengan cara terus berdoa agar tim kesayangannya bisa diberi kemenangan. 

Lalu apakah bermacam ritual unik yang dilakukan fans Argentina menjelang tim kesayangannya melawan Prancis di final Piala Dunia 2022 itu juga sebentuk doa. Wallahu’alam. Yang jelas, berdoa semestinya dilakukan dengan ilmu dan tata cara yang baik.

Salah satunya ritual fans Argentina adalah pantang masuk toilet selama pertandingan. Mereka juga memakai pakaian terbalik. Mengapa? Ya begitulah yang terjadi pada mitos. Tidak bisa dijelaskan secara logika. 

Menjelang laga pemungkas Minggu malam, sejumlah penggemar Argentina melakukan ritual unik itu agar tim kesayangannya menang. Mengutip INews.id, para fans Argentina ada yang menggunakan jersey secara terbalik, menggunakan pakaian yang sama berminggu-minggu, hingga pantang pergi ke toilet. 

Beberapa dari mereka bahkan enggan menonton pertandingan secara langsung di stadion, dan memilih tinggal di rumah sebagai bagian dari ritual tersebut. Misalnya belajar dari kekalahan Argentina saat melawan Arab Saudi.

“Dalam kekalahan Argentina melawan Arab Saudi, saya mengenakan jersey biru dan putih dengan nomor 10. Kemudian melawan Meksiko saya memakainya secara terbalik dan kami menang,” kata Julio Tresto, salah satu penggemar Argentina, dilansir dari The Peninsula, Minggu (18/12/2022).

Sejak saat itu dia pun selalu memakainya dari belakang ke depan. Dan menurut klaim dia, Argentina  tidak pernah berhenti menang.

“Ketika berhasil, Anda tidak akan pernah mematahkan takhayul, itulah sepak bola,” sambungnya.

Pengakuan Graciela Castro, penggemar yang lain, ini juga unik. 

“Celana yang sama, baju yang sama, saya tidak pergi ke toilet selama pertandingan dan, tentu saja, saya menghina musuh dengan halus, karena mereka orang Prancis,” ujarnya.

Tidak hanya penggemar biasa, Jose Daniel Valencia yang merupakan legenda Timnas Argentina juga mempunyai ritual tersendiri. Valencia menegaskan tidak mau menonton pertandingan secara langsung, dan menggunakan celana dalam dengan terbalik.

“Putra saya kesal, dia tidak mengerti mengapa saya tidak bepergian dan saya mengatakan kepadanya bahwa dia akan mengerti saya ketika dia menjadi seorang ayah,” kata Valencia.

“Saya berkata pada diri sendiri ‘lihat apa yang kamu lakukan’, tapi saya tetap mengenakan celana dalam saya dari belakang ke depan, kami duduk di tempat yang sama, bahkan anak-anak saya telah mengadopsi kebiasaan ini,” sambungnya.

Ritual-ritual yang dilakukan oleh para penggemar tentu menggambarkan kecintaan mereka terhadap La Albiceleste -julukan Timnas Argentina. Tentu saja, mereka berharap ritual itu membawa keberuntungan untuk Lionel Messi meraih trofi ketiga di Piala Dunia.

Seperti diketahui,  Argentina memastikan diri menjadi juara Piala Dunia FIFA 2022. Kepastian itu usai Argentina menaklukkan Prancis melalui adu penalti 4-2 (3-3) di Stadion Lusail, Qatar, Senin (19/12/2022) dini hari WIB.

Bek Albiceleste Gonzalo Montiel menjadi penentu kemenangan timnya dalam tos-tosan usai sepakannya gagal dibendung kiper Prancis, Hugo Lloris.

Sebelumya dalam waktu normal hingga perpanjangan waktu, laga berlangsung sengit. Argentina sempat unggul dua gol via gol-gol yang dicetak Lionel Messi (menit ke-23) dan Angel Di Maria (menit ke-36).

Namun pada babak kedua, Prancis bangkit berkat dua gol cepat Kylian Mbappe masing-masing pada menit ke 80 dan 81.

Ketika laga memasuki perpanjangan waktu, Messi membawa Argentina unggul 3-2 usai memanfaatkan kemelut di depan gawang Prancis. Namun, Tim Ayam Jantan kembali membalas melalui Mbappe pada menit ke-118 sehingga membuat pertandingan berlanjut ke adu penalti.

Ini merupakan gelar ketiga Argentina sepanjang sejarah. Sebelumnya, Tim Tango menjadi juara pada Piala Dunia FIFA 1978 dan 1986.

Khusus bagi Messi, ini merupakan titel pertamanya sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia FIFA sejak 2006 lalu.

(ine)

iklanMAI

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *