Ust. Hasanuddin, S.Ag Menyampaikan Pesan Yayasan Pada Khutbah Ta’aruf PPI “Amanah” Putra Poso

AMC, Poso – Pondok Pesantren Islam “Amanah” Putra Poso mengadakan kegiatan khutbah ta’aruf dan ramah tamah pada Sabtu, 7/7/2018.

Kegiatan yang bertempat di aula pesantren tersebut dihadiri oleh para wali santri baru. Mereka nampak antusias dalam mengikuti agenda tahunan tersebut hingga selesai.

Khutbah ta’aruf tahun ini disampaikan oleh wakil ketua Yayasan Wakaf Amanatul Ummah (YWAU) Poso, Ust. Hasanuddin, S.Ag. Beliau menyampaikan beberapa pesan dari yayasan untuk para wali santri baru ;

1. Anak itu tergantung orang tuanya.
Kalau anak ingin bermental kuat, maka dimulai dari orang tuanya. Maka kuatkan anak untuk menjadi santri di pesantren. Berikan mereka motivasi dan dorongan psikologis yang kuat. Jika mereka ada keluhan, berikanlah respon yang postif.

2. Jika kita sudah memasukan anak kita ke pesantren, jangan takut anak mati kelaparan. Di pesantren anak dididik agar bisa hidup mandiri dalam keadaan sepahit apapun.

3. Kemudian jangan takut terbelakang terhadap IT. Keterbelakangan anak terhadap IT tidak memasukan orang tua mereka ke nereka. Kalau keterbelakangan tauhid,  bisa memasukan orang tua mereka ke neraka.

4. Kita sebagai orang tua, siapa yang tidak berat melepas anak? Tidak mengapa bila ingin menangis sekarang. Setelah anak selesai dari pesantren, tangisan itu menjadi senyuman.

Kegiatan yang dimulai pukul 08:00 hingga 11:00 WITA ini berjalan dengan sukses dan lancar. Pada tahun ini santri baru berjumlah 43 orang.

Khutbah ta’aruf merupakan kegiatan pertemuan antara pengurus pesantren dan para wali santri baru sebelum memulai proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Dalam pertemuan tersebut pihak pesantren memberikan pembekalan berupa ceramah agama kepada para wali santri baru.

Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dan penyampaian selayang pandang berkenaan dengan kepesantrenan, kemadrasahan dan Kesantrian serta ramah tamah disertai tanya jawab seputar pembinaan dan pendidikan santri di pondok tersebut. [Crew]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *