Liputan Khusus Wisuda | #Ke-3 (selesai) : 2 Pesan Penting Ini Disampaikan Ust. Hasanuddin, S.Ag Pada Khutbah Wisuda Ponpes Islam “Amanah” Poso

Poso, AMC, – Ceria berseri-seri nampak dari wajah para santri kelas tiga aliyah (baca ; kelas niha’i/akhir). Kenapa tidak? karena moment yang dinanti-nantikan selama enam tahun kini telah tiba. Yaa, ‘wisuda’, moment yang menjadi bukti kelulusan santri telah menyelesaikan program pendidikan dan pembinaan selama enam tahun di pesantren tercinta “Amanah” Putra.

Jejang tiga tahun di Tsanawiyah telah mereka lalui, kemudian dilanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, Aliyah. Program jenjang enam tahun yang ada di Madrasah “Amanah” inilah para santri dididik dan dibina lebih matang selama menjadi santri di Ponpes Islam “Amanah” Putra Poso.

Pukul 20:00 WITA kegiatan wisuda dimulai. Setelah sambutan oleh Ketua Yayasan Wakaf Amanatul Ummah (YWAU) Poso, Ust. KH. Adnan Arsal, S.Ag dan penampilan drama. Kini satu persatu sebelas nama wisudawan dibacakan untuk naik ke atas panggung sekaligus pembacaan ikrar alumni bersama.

Sebuah ikrar yang bisa dikatakan sakral bagi calon alumni. Ikrar yang menuntut mereka agar dapat mengamalkan dan mengajarkan ilmu yang telah didapat selama di pesantren dengan baik dan benar.

Sebelum resmi dilepas sebagai alumni, tiba saatnya mereka mendengarkan khutbah wada’ (khutbah perpisahan wisuda). Khutbah agama yang menjadi bekal akhir calon alumni sebelum diterjunkan ke tengah-tengah umat.

Ust. Hasanuddin, S.Ag selaku Wakil Ketua YWAU tersebut bertindak sebagai pemberi khutbah wada’. Dalam penyampaiannya, beliau yang juga dikenal aktif sebagai pegiat dakwah Poso menyampaikan beberapa pesan penting.

Berikut dua pesan penting yang disampaikan beliau kepada para tamu undangan dan hadirin, khususnya wisudawan angkatan ke-14 tersebut ;

1. Lakukan apa saja yang bisa dilakukan meskipun itu dipandang kecil oleh orang lain.
2. Tanamlah kebaikan kapan saja dan dimana saja berada, karena kebaikan tersebut akan bertahan lama.

Para hadirin-pun mendengarkan dengan seksama dan penuh antusias hingga berakhir pukul 22:30 WITA. Kegiatan ini sengaja dilakukan malam hari kerena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1439 H.

Sebagaimana diketahui, wisuda bertemakan ‘Mencetak Generasi Robbaniy Menghadapi Tantangan Zaman’ ini telah sukses dilaksanakan dan bertempat di lapangan Ponpes tersebut pada Ahad malam (3/6/2018). [Crw]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *