Liputan Khusus Wisuda | #ke-2 : Meriah! Kisah Drama Ini Ditampilkan Pada Wisuda Ponpes Islam “Amanah” Poso

Poso, AMC – Gelak tawa hadirin tertahankan hingga memecah dinginnya malam, saat satu persatu aktor menampilkan adegan demi adegan setiap segmennya. Dikemas menggunakan bahasa dan dialek khas Poso, semakin menambah hangat dan semarak kegiatan wisuda saat pentas drama tersebut ditampilkan.

Drama yang diperankan para santri Ponpes Islam “Amanah” Putra tersebut mengisahkan peristiwa yang terjadi sebelum zaman Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam sebagaimana yang terdapat dalam tafsir QS. Al-A’raf/7:166.

Sebuah drama yang mengangkat kisah ‘Ashabul Tsabat’ (Pelanggar Hari Sabtu). Kisah yang menimpa Bani Israil di Aylah, Kota yang terletak di tepi laut antara negeri Mesir dan Makkah. Ibnu Katsir rahimahullahu dalam Al-Bidayah wan Nihayah menambahkan, antara Madyan dan Thur.

Dikisahkan, saat itu Bani Israel masih kuat memegang ajaran Taurat. Diantara ajaran Taurat yaitu memerintahkan kepada mereka untuk beribadah kepada Allah Subhanallahu Wa Ta’ala pada hari Sabtu. Pada hari tersebut mereka dilarang untuk beraktifitas apapun, termasuk bekerja maupun transaksi berjual beli.

Namun sebagian mereka tetap tidak mengindahkan larangan Allah Subhanallahu Wa Ta’ala tersebut. Mereka tetap beraktifitas mencari ikan yang sangat melimpah, hanya muncul pada hari Sabtu, kemudian menjualnya. Peringatan demi peringatan dari orang-orang shaleh tidak membuat mereka sadar, justru semakin membangkang.

Ujian dari Allah Subhanallahu Wa Ta’ala berupa melimpahnya ikan pada hari tersebut tidak mampu mereka lalui. Akhirnya mereka dikutuk oleh Allah Subhanallahu Wa Ta’ala menjadi kera akibat kemaksiatan yang mereka lakukan. Dan pada akhirnya mereka binasa terkena hujan dan tersapu ombak lenyap di lautan.

Demikianlah sekilas cuplikan pentas drama yang ditampilkan pada wisuda angkatan ke-14 Ponpes Islam “Amanah” Putra Poso, (Ahad, 3/6/2019).

Sesi drama di atas ditampilkan setelah pemberian sambutan oleh Ketua Yayasan Wakaf Amanatul  Ummah (YWAU) Poso, Ust. KH. Adnan Arsal, S.Ag. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi wisuda dan khutbah wisuda oleh Wakil YWAU, Ust. Hasanuddin, S.Ag.

Wisuda yang bertemakan ‘Mencetak Generasi Robbaniy Menghadapi Tantangan Zaman” ini berjalan dengan sukses dan lancar.

Kegiatan yang bertempat di lapangan pesantren tersebut sengaja dilaksanakan malam hari mulai pukul 20:00 hingga 22:30 WITA, dikarenakan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1439 H. [Crw]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *