Sempat Diguyur Hujan! Demi Mempererat Ukhuwah, Bukber YWAU Bersama Ormas Islam, Dandim, Kapolres dan Instansi Pemerintahan Poso Sukses Dilaksanakan

Poso, AMC – Keberkahan bulan suci ramadhan betul-betul sangat terasa bagi umat manusia. Diantaranya, dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah atau jiwa persatuan dan kesatuan kaum muslimin. Hal ini terlihat dari tradisi kaum muslimin dalam melaksanakan kegiatan buka bersama (bukber) setelah puasa.

Bukber merupakan ajang jalinan silaturrahim kaum muslimin dalam mengisi momentum bulan ramadhan. Yang tadinya buka puasa (ifthor) biasa dilakukan secara sendirian atau bersama keluarga, melalui bukber dapat dilakukan bersama kaum muslimin lainnya.

Bukber juga menjadi ajang saling mengenal antar sesama kaum muslimim. Dari sini akan timbul sikap saling nasehat menasehati, bertukar informasi, empati dan sikap tolong menolong antar mereka.

Tentunya Yayasan Wakaf Amanatul Ummah (YWAU) Poso yang merupakan yayasan terbesar di kabupaten Poso memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. YWAU telah sukses mengundang ormas islam, tokoh masyarakat dan instansi pemerintahan bersama sanak keluarga mereka dalam melaksanakan bukber bersama Keluarga Besar YWAU.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 29/5/2018 ini dibuka langsung oleh Ketua YWAU, Ust. KH. Adnan Arsal, S.Ag. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua MUI Ust. KH. Arifin Tuamaka, S.Ag., MM, Kakandepag, Drs.H.Makmur.Muh.Arief, M.Pd.I, Dandim 1307 Poso, Kolonel Inf. Dodi Trio Hadi dan Kapolres Poso, Bogiek Sugiharto, SH., S.I.K.

Bukber tahun ini bertempat di dua lokasi, di masjid Al-Firdaus Gebangrejo dan Ponpes Islam “Amanah” Putri yang letaknya berdampingan. Hal ini sengaja dilakukan agar daya tampung ratusan peserta dapat mencukupi serta memisah peserta pria dan wanita agar tidak terjadi campur baur (ikhtilath) sehingga memenuhi nilai syar’i. Untuk peserta pria bertempat di masjid dan peserta wanita bertempat di halaman Ponpes.

Menariknya, kegiatan ini dirangkai dengan mendengarkan ceramah agama dan berdo’a menjelang berbuka yang dibawakan oleh Pengurus Organisasi Al-Khairat Poso, Ust. Sutami, M.Pd.I. Kemudian setelah shalat maghrib dan makan malam dilanjutkan dengan sholat isya dan tarawih berjamaah.

Meskipun sempat diguyur hujan sejak sore hari, Keluarga Besar YWAU mulai dari Poso Pesisir hingan Poso Kota pun berdatangan. Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 17:00 sampai 20:45 WITA inipun berjalan dengan sukses dan lancar.

Hujan tidak menghalangi mereka untuk ikut andil dalam momentum mempererat jalinan silaturahim ukhuwah islamiyah demi memperkuat persatuan dan kesatuan khususnya kaum muslimin di kabupaten Poso.

Sebagaimana diketahui, YWAU merupakan yayasan yang didirikan oleh umat Islam Poso untuk membantu dan menolong serta memperjuangkan hak kaum muslimin yang menjadi korban konflik horizontal antar agama tahun 1998 sampai 2001-an.

Hingga saat ini yayasan tersebut terus aktif berpartisipasi mencerdaskan umat bersama masyarakat kabupaten Poso dan sekitarnya dalam bentuk dakwah, pendidikan dan kemanusian melalui unit-unit yayasan tersebut. [Crew]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *